21 November 2012

Di Cisontrol Bisnis Bedog Tetap Bercokol

Sedang mencari bedog atau golok khas buatan Ciamis? Jika ya, baik untuk kebutuhan harian atau sekadar cenderamata, maka saatnya Anda merencanakan sebuah perjalanan ke sentra pembuatan golok tradisional di dusun Kertajaya, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Ciamis.


Konon, pembuatan golok di Kertajaya Cisontrol dimulai oleh seorang empu bernama Buyut Lasih dan terus berlangsung hingga sekarang secara turun temurun di tempat tersebut. Pembuatan golok sebagai industri rumahan kini dikerjakan para keturunan Buyut Lasih. Jika dulu bedog atau golok diproduksi sebagai perkakas perang, sekarang senjata tajam tersebut menjadi alat rumah tangga sehari-hari.


Pembuatan golok di Kertajaya Cisontrol menggunakan bahan-bahan logam, kayu dan tanduk terpilih dan dikerjakan secara manual. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk menghasilkan golok yang baik dan 'berkarakter'. Keindahan gagang dan sarangka (wadah) golok juga memerlukan sentuhan rasa seni yang terasah.


Bisnis golok warisan leluhur di Dusun Kertajaya Cisontrol kini dikelola oleh unit usaha bernama 'Lentera Remaja'. Lewat situs blognya, usaha ini menawarkan penjualan bedog atau golok dalam kisaran Rp. 220.000 hingga Rp. 250.000 per buahnya.


Berminat memesan golok Cisontrol? Jika tak sempat mengunjungi langsung sentra pembuatan golok (bedog) di lokasinya langsung, Anda dapat mengunjungi websitenya dan menemukan keterangan pemesanan disana.


No comments:


[CiamisManis.com]> [close]